Home Hukum Klinik Hukum Secara Online di Era Teknologi Internet

Klinik Hukum Secara Online di Era Teknologi Internet

Sama seperti halnya pada kesehatan, ada kalanya kondisi seseorang memerlukan bantuan hukum. Oleh karena itu ada beberapa komunitas di internet seperti halnya VendorHukum.com yang menyelenggarakan layanan klinik hukum secara online.

Layanan utama dari klinik hukum umumnya berupa konsultasi hukum yang dialami oleh masyarakat. Adanya sistem layanan secara online memungkinkan masyarakat mencari tahu atau bertanya mengenai masalah yang mereka hadapi dengan mengisi beberapa form yang dibutuhkan sebagai media komunikasi awal para penasihat hukum dengan calon kliennya.

Setelah data ter-submit, para penasihat hukum akan memberikan analisa dan hal yang perlu dilakukan oleh klien atau masyarakat yang memerlukan bantuan hukum tersebut. Biasanya para konsultan hukum menawarkan beberapa opsi yang bisa ditempuh oleh klien terkait masalah hukum yang mereka hadapi.

pengertian klinik hukum

Pengertian Klinik Hukum

Frasa “Klinik” itu sendiri pada awalnya bermakna mengenai tempat konsultasi kesehatan dan perbaikan terhadap masalah kesehatan yang dimiliki oleh pasien. Menurut KBBI, Klinik secara bahasa dapat berarti:

  1. (bagian) rumah sakit atau lembaga kesehatan tempat orang berobat dan memperoleh advis medis serta tempat mahasiswa kedokteran melakukan pengamatan terhadap kasus penyakit yang diderita para pasien;
  2. balai pengobatan khusus: — keluarga berencana; — penyakit paru-paru;
  3. organisasi kesehatan yang bergerak dalam penyediaan pelayanan kesehatan kuratif (diagnosis dan pengobatan), biasanya terhadap satu macam gangguan kesehatan

Nyata jelas bila dilihat dari segi bahasanya, tidak ada kaitan antara kata klinik dengan kata hukum, keduanya seperti tidak memiliki korelasi.

Namun apabila kita menggabungkan kedua frasa tersebut menjadi kata “Klinik Hukum”, maka masyarakat akan mudah mengenali frasa tersebut bukan lagi berarti bermakna klik kesehatan, tetapi lebih kepada tempat / sarana / wadah konsultasi bagi masyarakat untuk memperoleh saran-saran hukum terkait masalah yang dihadapi.

kegiatan klinik hukum

Kegiatan Klinik Hukum

Seperti klinik pada umumnya, sumber data utama bagi layanan hukum adalah informasi yang lengkap dari masyarakat yang mempunyai masalah hukum dan berharap memperoleh nasihat hukum yang dapat dipecahkan oleh klinik hukum.

Metode yang umum digunakan untuk menggali data adalah dalam bentuk wawancara antara klien dan penasihat hukumnya. Di kala pandemi, bentuk wawancara ini bisa dilakukan dengan bentuk komunikasi email atau sarana telepon.

Ada kalanya, dalam kegiatan sehari-harinya klinik hukum menyelenggarakan acara webinar hukum di sepanjang bulan dan tahun berjalan. Materi yang disajikan bervariasi setiap bulannya, ada yang berupa webinar hukum perdata maupun webinar hukum pidana.

Info webinar hukum ini dapat Anda peroleh melalui langganan newsletter yang bisa Anda subscribe dengan mengirimkan email kepada Administrator website untuk didaftarkan sebagai penerima informasi adanya webinar hukum rutin.

Materi lain yang sering dijadikan topik webinar dari sebuah klinik hukum adalah terkait dengan seminar internasional hukum atau seminar tentang hukum yang saat ini kasusnya sedang trending di masyarakat.

Beberapa topik atau materi spesial yang sering diagendakan adalah mengenai syarat-syarat pembentuan bantuan hukum sebagai cabang dari kegiatan bantuan hukum yang dijalankan oleh klinik hukum di kota-kota besar.

Klinik Hukum Perdata

Selain adanya trend kasus hukum pidana, pembahasan di seminar klinik hukum juga dapat berupa permasalahan-permasalahan hukum keperdataan. Kegiatan klinik hukum perdata ini biasanya mengambil beberapa kasus yang saat ini sedang dihadapi oleh masyarakat umum baik perorangan maupun komunal.

Dalam dunia bisnis yang penuh persaingan, pembahasan mengenai hukum online perdata bisnis merupakan topik belajar hukum online yang cukup diminati dalam diskusi klinik hukum keperdataan. Topik yang menyangkut trend “hukum online hari ini” yang menyangkut Undang-Undang ITE juga banyak dilakukan terlebih ada banyak kasus yang ‘memanfaatkan’ UU ini untuk menjerat orang lain baik secara perdata ataupun pidana.

Untuk mengakses informasi hukum keperdataan, Anda dapat juga mencari aplikasi hukum online baik di Google Play Store atau di App Store. Informasi aplikasi hukum online ini biasanya berisi referensi pasal-pasal yang praktis sering digunakan terkait hukum keperdataan.

Dalam sesi konsultasi, peserta webinar dapat memberikan ide topik hukum perdata yang ingin dibahas. Para penasihat hukum selaku panitia, akan membuat semacam daftar topik hukum dan diurutkan berdasarkan kategori baik kategori hukum perdata ataupun hukum pidana berikut dengan contoh isu hukum perdata dan pidana yang sudah atau sedang terjadi di masyarakat.

Selain Belajar Hukum Online, Bolehkan Curhat Hukum Online?

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa cara termudah belajar hukum online adalah dalam bentuk konsultasi hukum. Bila diterjemahkan ke dalam bahasa milenial, kata konsultasi ini bisa digantikan dengan kata curhat.

Para milenial, umumnya lebih menyukai kata ‘curhat’ dibandingkan kata ‘konsultasi’ yang cenderung memang diartikan lebih kaku dan protokoler. Kalau curhat lebih bebas tanpa struktur data tertentu yang harus disampaikan.

Judul pelatihan atau seminar ‘curhat hukum online’ umumnya digunakan oleh para penggiat hukum online untuk menggaet para milenial yang memang ingin belajar hukum online atau memiliki ketertarikan terhadap pembelajaran hukum secara online.

Dengan demikian, artinya sah-sah saja bila dikemudian hari konsultasi atau tanya jawab hukum ini disebut juga curhat hukum online. Tidak ada perbedaan prinsipil dari kedua frasa tersebut.

Berapa Biaya Konsultasi Hukum?

Untuk menggaet klien baru, para konsultan hukum umumnya memberikan tarif biaya konsultasi hukum secara gratis pada saat awal konsultasi. Ini mengurangi ‘barrier’ bagi masyarakat yang belum juga berkonsultasi sudah takut dengan biayanya.

Konsultasi awal biasanya terkait beberapa pilihan jalur hukum yang bisa ditempuh oleh klien dan konsekwensi waktu dan biayanya. Bisa dengan beracara melalui jasa pengacara atau klien dapat beracara sendiri dengan bantuan konsultan hukum secara remote.

Biaya konsultasi hukum yang dipatok dapat bervariasi. Ada yang mematok dalam hitungan waktu, misalkan jumlah jam. Ada juga yang per-kasus. Ada pula yang berdasarkan komisi terutama untuk terkait gugutan keperdataan.

Untuk jasa konsultasi sederhana, tarif per-jam dapat sejumlah ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Ini tidak ada patokan khusus. Pada saat konsultasi awal, Anda dapat menanyakan dan menegosiasikan mengenai biaya konsultasi hukum ini.

Untuk biaya dihitung per-kasus, seperti VendorHukum.com dalam halaman menu biaya dan layanan hukum menyebutkan perkiraan biaya yang Anda perlu untuk mendapatkan sebuah layanan. Pada umumnya biaya yang disebutkan sudah All-In alias Anda tinggal beres hingga kasus atau layanan hukum yang Anda dapatkan sudah Anda terima.

Perlu dipahami pula bahwa biaya-biaya tersebut adalah untuk kasus di mana semua berjalan sesuai harapan atau ada dalam kondisi ideal. Dalam beberapa kejadian, Anda mungkin menemui beberapa kendala atau tambahan layanan hukum lainnya. Bila ini terjadi, pihak konsultan hukum akan memberikan konfirmasi kepada Anda langkah hukum dan biaya yang dibutuhkan untuk menjalankannya.

Demikian pula untuk kasus yang berbeda akan berbeda pula biaya konsultasinya. Biaya pengacara sengketa tanah tentunya akan berbeda dengan biaya pengacara kasus narkoba atau bahkan biaya pengacara sengketa warisan misalnya. Pula untuk beberapa kasus tertentu yang viral Anda mungkin menemui jasa pengacara gratis yang akan membantu klien yang memang memiliki kekurangan biaya dari segi ekonomi untuk membayar biaya pengacara.

Kesimpulan

Ada beragam jenis jasa konsultasi hukum yang diberikan oleh layanan klinik hukum, mulai dari hukum pidana, hukum perusahaan, hukum perdata, dan Ilmu hukum lainnya. Anda dapat pula mengajukan pertanyaan hukum secara online bila Anda tidak ingin atau tidak memiliki keluangan waktu untuk bertemu secara langsung dengan konsultan hukum Anda.

Anda dapat mengakses atau memperoleh layanan hukum melalui berbagai aplikasi hukum online yang tersedia dalam bentuk aplikasi yang di-install di smartphone dapat pula dengan mengunjungi website-website yang secara langsung menyediakan form untuk dapat Anda isi sesuai dengan permasalahan hukum yang Anda hadapi.

Selain sebagai sarana konsultasi, klinik hukum juga dapat Anda manfaatkan sebagai sarana belajar hukum online dengan membuka database pada aplikasi tanya jawab hukum, baik tanya jawab hukum perdata ataupun tanya jawab hukum pidana.

Konsultasi hukum online di klinik hukum umumnya tersedia secara gratis untuk konsultasi awal, namun diperlukan biaya tambahan jika Anda ingin melanjutkan dengan memilih jalur hukum tertentu. Biaya ini bisa Anda tanyakan dan negoisasikan dengan konsultan hukum yang Anda pilih.