Home Kesehatan Berjemur Sinar Matahari Pagi (+10 Manfaat Tersembunyi)

Berjemur Sinar Matahari Pagi (+10 Manfaat Tersembunyi)

111

Ditengah pandemi Corona yang melanda negeri banyak ahli medis memberikan saran kepada kita untuk berjemur sinar matahari pagi. Lalu sebenarnya apa saja manfaat sinar matahari di pagi hari untuk manusia dan berapa waktu yang ideal untuk berjemur di bawah sinar matahari.

Waktu yang ideal untuk berjemur matahari adalah ketika jam 10 pagi di mana sinar matahari sudah sedemikian sempurna bahkan ketika keadaan agak mendung sekalipun. Lamanya waktu yang diperlukan untuk berjemur adalah sekitar 10 menit atau lebih dan pastikan semua bagian tubuh Anda tersinari dengan baik.

Membunuh Kuman yang Melekat di Tubuh

Tidak diragukan lagi sinar matahari memiliki unsur sinar ultra-violet yang bermanfaat dalam membunuh kuman yang menempel di tubuh. Dalam beberapa percobaan, penghilangan kuman di tubuh ini dapat dimulai hanya dari beberapa detik setelah kuman terpapar sinar ultra-violet.

berjemur sinar matahari pagi

Namun karena ketika berjemur kondisi kuman adalah menempel dan mungkin bersembunyi di balik lipatan bagian tubuh atau pakaian yang kita gunakan. Untuk itu sangat disarankan untuk berjemur dengan pakaian yang tidak terlalu tebal dan dijemur dalam waktu yang lebih lama.

Menghangatkan Tubuh

Seperti halnya yang dapat kita rasakan ketika berada di bawah sinar matahari akan merasakan sebuah rasa hangat di dalam tubuh. Rasa hangat ini bagi sebagian orang akan menimbulkan rasa nyaman. Keringat yang keluar dari rasa hangat ini juga akan mulai membawa keluar racun-racun dari dalam tubuh.

Menjaga Kesehatan Tulang

Sinar matahari jika menyinari tubuh manusia juga dapat memicu tubuh untuk pembentukan zat yang dapat menjaga kesehatan tulang manusia. Beberapa bentuk varian vitamin D bahkan hanya dapat dibentuk dengan bantuan sinar matahari. Anda dapat membaca lebih lanjut mengenai hal ini di website WHO.

Waktu yang Tepat untuk Berjemur Sinar Matahari Pagi

Sebagian dari netizen mungkin ada yang masih penasaran waktu berjemur pagi hari jam berapa yang paling ideal bagi tubuh manusia. Tentunya sepanjang kita dapat menerima sinar matahari, maka dapat dipastikan juga manfaat dari sinar matahari tersebut dapat kita terima pada saat kita terpapar sinarnya.

Namun untuk efektivitas dalam rangka menjaga kesehatan dan memperkuat imunitas tubuh, para ahli menyarakan kita untuk berjemur di atas jam 10 di pagi hari selama tidak kurang dari 15 menit. Untuk kemudian kita perlu memastikan semua bagian badan kita terpapar dengan baik oleh cahaya matahari.

Alasan jam 10 pagi merupakan waktu yang tepat berjemur sinar matahari adalah karena memang sinar matahari pada saat itu dalam kondisi yang sempurna menyinari bumi. Jika di bawah jam 10, bisa jadi kemungkinan sinar matahari akan terhalang oleh bangunan-bangunan tinggi di sekitar Anda sehingga memang di rentang waktu tersebut merupakan waktu berjemur matahari pagi yang ideal.

Membentuk Antibodi Alami

Perlu dipahami bahwa imunitas tubuh yang kuat sangat diperlukan untuk melawan berbagai parasit yang ada di dalam tubuh manusia. Disinyalir selain berjemur di pagi hari dapat menjaga kesehatan tulang sinar matahari akan memicu tubuh membentuk antibodi yang dapat menahan serangan kuman dan virus.

Anjuran Pemerintah dan Para Ahli

Dalam rangka kampanye #DirumahSaja di tengah pandemi corona ini, berbagai elemen masyarakat mengkampanyekan “ayo berjemur sinar matahari pagi” di mana tema dari kalimat tersebut bukanlah sebuah slogan atau iklan semata tapi lebih merupakan kepedulian terhadap sesama untuk saling menjaga kesehatan tubuh.

Cara Berjemur Sinar Matahari Pagi

Sebetulnya tidak ada cara khusus untuk berjemur sinar matahari pagi, asalkan saja semua bagian tubuh Anda dapat tersinari dengan baik dengan waktu rentang lebih dari 15 menit. Jadi jika Anda memilih untuk rebahan, maka pastikan di setiap posisi yaitu telungkup dan telentang adalah sekitar 15 menit.

Meningkatkan produksi vitamin D

Vitamin D sangat diperlukan tubuh untuk sebagai bahan untuk pembuat atau pengganti bagian dari tulang kita yang sudah rapuh. Sinar matahari akan meningkatkan produksi vitamin D yang pada dasarnya hanya bisa dicukupi bila kita terpapar sinar matahari yang cukup.

Kekurangan dari vitamin D dapat mengakibatkan terjadi kelainan pada tulang yang dapat mengakibatkan cedera tulang lainnya atau penyakit yang berhubungan dengan kesehatan tulang manusia.

Membuat Kulit Lebih Sehat

Siapa tidak ingin kulitnya sehat? Dengan hanya berjemur di pagi hari juga bisa disinyalir dapat membuat kulit lebih sehat dan terhindar dari penyakit infeksi yang bisa menjangkiti kulit terutama yang diakibatkan oleh adanya parasit dan kuman.

Penyakit kulit yang bisa diringankan dengan berjemur antara lain adalah jerawat, eksim, ataupun sakit kuning. Kita mungkin sudah sering mendengar bahkan jika bayi agak kekuningan kulitnya bisa diobati dengan hanya berjemur di bawah sinar matahari.

Memperbaiki Kualitas Tidur

Bagi Anda yang menderita insomnia atau kadang kala susah merasa untuk tidur padahal Anda sudah lelah dan mengantuk, maka Anda perlu mencoba untuk berjemur di pagi hari sebagai salah satu terapi untuk memperbaiki kualitas tidur Anda.

Kualitas tidur juga dapat diatur dengan mengatur jadwal tidur Anda di mana kaidah yang digunakan adalah Anda tidak tidur terlalu malam dan tidak bangun terlalu siang.

Waktu yang ideal untuk mulai tidur adalah dari jam 8 malam hingga Anda bisa bangun di jam 2 pagi untuk memulai kembali aktivitas Anda jika Anda memang menyukai aktivitas bekerja di malam hari. Langkah ini adalah jauh lebih baik dibandingkan jika Anda begadang tidur di jam 2 pagi dan bangun telat di pagi hari.

Terlebih jika Anda muslim atau muslimah, bangun di jam 2 pagi bisa Anda manfaatkan untuk beribdah di pagi hari seperti halnya Shalat Tahajjud .

Membuat Badan Lebih Segar

Badan yang segar akan membawa Anda ke dalam gairah dan energi yang cukup untuk bekerja. Dengan berjemur di pagi hari Anda akan setidaknya mengeluarkan keringat yang bisa jadi membawa keluar racun yang sebelumnya ada di dalam tubuh Anda. Pembuangan racun ini akan membuat tubuh Anda kian ringan untuk diajak bergerak dan beraktivitas di hari tersebut.

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Tubuh yang sehat juga ditandai dengan adanya sirkulasi darah yang lancar. Terhambatnya sirkulasi darah dapat membawa manusia ke berbagai macam keluhan penyakit. Mulai dari adanya gejala hipertensi hingga struk yang disebabkan oleh terhambatnya aliran darah dan bahkan struk yang diakibatkan oleh pecahnya pembuluh darah.

Fungsi berjemur adalah dengan memperlebar pembuluh darah di sepanjang jaringan di bawah kulit yang dapat lebih banyak membawa oksigen masuk ke seluruh tubuh. Lancarnya asupan oksigen akan bermanfaat bagi tubuh untuk menggantikan sel-sel tubuh yang rusak dan memperlancar metabolisme tubuh secara utuh.

Kesimpulan

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat berjemur sinar matahari pagi bagi tubuh manusia. Utamanya adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh manusia di saat terjadinya pandemi corona saat ini. Adapun waktu yang terbaik untuk berjemur adalah di pagi hari di atas jam 10 setidaknya selama 15 menit